Rabu, 28 September 2011

Periklanan





Berbicara mengenai periklanan, iklan sudah ada sejak dulu sekali. Iklan sendiri digunakan untuk mempromosikan sesuatu barang, jasa atau diri sendiri seperti pengenalan yang saya lakukan. Iklan dilakukan untuk menarik minat seseorang yang melihat atau mendengarnya. Mungkin terlihat mudah tetapi, yang menjadi masalah bagaimana kita bisa menarik perhatian konsumen yang berjumlah banyak, memiliki selera yang berbeda-beda pula bukan hanya konsumen namun produsen pun tidak kalah banyaknya, mereka berlomba-lomba untuk menarik simpati masyarakat agar berminat dengan produk mereka. Dalam mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan yang sedang saya pelajari pada semester 3 ini akan dipelajari secara lebih mendalam.
Yang bisa dilakukan oleh periklanan adalah menciptakan identitas merk (brand personality) dan mempengaruhi persepsi konsumen. Maksudnya di sini adalah bagaimana cara iklan dapat menciptakan sebuah merk yang bisa dikenal seluruh dunia dan seluruh dunia bisa mengakui barang tersebut. Oleh karena itu juga maka tak jarang orang-orang lebih suka barang yang bermerk terkenal seperti Levi's entah yang original ataupun tidak, padahal jika kembali dilihat semua celana jeans sama saja mungkin nilai plusnya ada pada kualitas dan gengsi dari seseorang yang mengenakannya. 

Periklanan dapat menciptakan :
  • Kesadaran merk
  • Arti dari sebuah merk
  • Pengharapan akan sebuah merk
  • identitas merk
  • bayangan dari sebuah merk
Prinsip-prinsip penting periklanan
  • Iklan yang baik menghargai perhatian konsumen karena dibuat dengan ide yang bagus
  • Periklanan hanya bisa disebut khusus untuk satu macam produk saja
  • Tanggapan konsumen adalah titik awal dalam merencanakan dan menciptakan iklan
  • Periklanan bukan semata-mata mengirimkan pesan kepada konsumen, namun menciptakan rangsang yang tepat dan meninggalkan tanggapan yang diinginkan. 
 

Siapakah saya?

Sebelum masuk ke dalam isi blog selanjutnya, saya mau bercerita sedikit tentang siapa diri saya? asalnya darimana? mengapa memilih Fakultas Ilmu Komunikasi? bla bla bla....
Saya Liany adalah anak tunggal di keluarga, saya tinggal di Poris Indah, Tangerang. Saya sangat suka mendengarkan musik terutama lagu-lagu Korea atau dikenal K-Pop contohnya SS501, Infinite, 2AM, 2PM, B1A4, Mblaq, Super Junior, Big Bang, 2NE1, dan lain-lain selain itu lagu Barat seperti Westlife, Backstreet Boys, Taylor Swift, Rihanna, Bruno Mars, Christina Aguilera juga termasuk favorit saya. Hobi lain yang biasa saya lakukan adalah berkumpul bersama teman-teman saya entah ke mall, nonton bioskop atau hanya sekedar jalan-jalan karena saya orang yang tidak betah di rumah sendirian.
Saya memilih Fikom awalnya tidak pernah terpikirkan sama sekali, malah dulu saya lebih memilih Sistem Informasi atau Psikologi. Tapi, ketika teman saya yang sudah lebih dulu memilih fikom mulai mempengaruhi saya dan membuat saya mulai tertarik dan kembali memikirkannya lagi, dan karena dukungan dari keluarga dan teman-teman juga akhirnya saya memantapkan pilihan saya untuk masuk Fikom.