Rabu, 28 September 2011

Periklanan





Berbicara mengenai periklanan, iklan sudah ada sejak dulu sekali. Iklan sendiri digunakan untuk mempromosikan sesuatu barang, jasa atau diri sendiri seperti pengenalan yang saya lakukan. Iklan dilakukan untuk menarik minat seseorang yang melihat atau mendengarnya. Mungkin terlihat mudah tetapi, yang menjadi masalah bagaimana kita bisa menarik perhatian konsumen yang berjumlah banyak, memiliki selera yang berbeda-beda pula bukan hanya konsumen namun produsen pun tidak kalah banyaknya, mereka berlomba-lomba untuk menarik simpati masyarakat agar berminat dengan produk mereka. Dalam mata kuliah Dasar-Dasar Periklanan yang sedang saya pelajari pada semester 3 ini akan dipelajari secara lebih mendalam.
Yang bisa dilakukan oleh periklanan adalah menciptakan identitas merk (brand personality) dan mempengaruhi persepsi konsumen. Maksudnya di sini adalah bagaimana cara iklan dapat menciptakan sebuah merk yang bisa dikenal seluruh dunia dan seluruh dunia bisa mengakui barang tersebut. Oleh karena itu juga maka tak jarang orang-orang lebih suka barang yang bermerk terkenal seperti Levi's entah yang original ataupun tidak, padahal jika kembali dilihat semua celana jeans sama saja mungkin nilai plusnya ada pada kualitas dan gengsi dari seseorang yang mengenakannya. 

Periklanan dapat menciptakan :
  • Kesadaran merk
  • Arti dari sebuah merk
  • Pengharapan akan sebuah merk
  • identitas merk
  • bayangan dari sebuah merk
Prinsip-prinsip penting periklanan
  • Iklan yang baik menghargai perhatian konsumen karena dibuat dengan ide yang bagus
  • Periklanan hanya bisa disebut khusus untuk satu macam produk saja
  • Tanggapan konsumen adalah titik awal dalam merencanakan dan menciptakan iklan
  • Periklanan bukan semata-mata mengirimkan pesan kepada konsumen, namun menciptakan rangsang yang tepat dan meninggalkan tanggapan yang diinginkan. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar