Rabu, 05 Oktober 2011

Pemasaran dan Marketing Mix

Periklanan adalah komunikasi komersial dan non personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang di transmisikan ke suatu khalayak target melalui media yang bersifat massal.
contoh : TV, radio, koran, majalah, direct mail, reklame luar ruang.

Definisi Pemasaran
    • AMA (American Marketing Association) : Proses perancangan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi dan distribusi gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu (konsumen) dan tujuan organisasi
    • Philip Kothler : Suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lain.
    • H.Nitsrom : Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang dan jasa di tangan produsen ke tangan konsumen.
Hubungan Antara Pemasaran dan Periklanan
Pemasaran bukan hanya penjualan produk tetapi membujuk konsumen untuk memilih satu produk ketimbang produk lainnya.

3 Unsur Pendukung Konsep Pemasaran 
  1. Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. contoh : fasilitas mobile banking M-BCA 
  2. Mengupayakan koordinasi pemasaran di seluruh organisasi
  3. Pencapaian tujuan jangka panjang mempertahankan unsur produk. contoh : coca cola
Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya. 



Definisi Marketing Mix
      • William J.Stanton : digunakan untuk menjelaskan 4 kombinasi besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi
      • Philip Kothler : kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang mempunyai inti dari sistem pemasaran yaitu produk, struktur harga, sistem distribusi dan kegiatan promosi keempat unsur yang terdapat dalam kombinasi tersebut.
Marketing Mix terdiri dari 4P :
A. Product (barang/jasa)
     Barang atau jasa yang ditawarkan pada pasar untuk dikonsumsi oleh konsumen.
  • Perencanaan yang harus dilakukan oleh suatu produk, diantaranya bagaimana dan seperti apa produk yang akan ditampilkan? Bagaimana ukuran dan warnanya? Bagaimana bentuk pembungkusannya (packaging)?
  • Pengembangan suatu produk berupa desain packaging serta menentukan merk (brand) yang sesuai dengan citra produk tersebut.
  • Pengolahan suatu produk berupa penggunaan dan pengerjaan barang yang menggunakan kualitas tertentu sesuai permintaan pasar.
B. Price (harga)
    Menentukan penerimaan perusahaan. Hendaknya setiap perusahaan dapat menetapkan harga yang paling tepat, dalam arti yang dapat memberikan keuntungan paling baik, baik untuk jangka panjang atau pendek.

C.Place (tempat/distribusi)
    Upaya agar produk yang ditawarkan berada pada tempat dan waktu yang tepat juga sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan biaya wajar. Unsur yang perlu diperhatikan : saluran distribusi, jangkauan distribusi, penyediaan barang, dan lokasi & transportasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar