Rabu, 05 Oktober 2011

Segmentasi Pasar

Sebuah tim pemasaran dan periklanan selalu memantau situasi pasar produk tertentu, untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen. Dalam kebutuhannya segmentasi pasar merupakan salah satu solusinya.

Tujuan : Produsen merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di pasar tertentu.
Terdapat 4 metode yaitu Demografis, Geografis, Behavioristis, dan Psikografis.
Demografis : usia, gender, ukuran keluarga, tahap siklus, hidup keluarga, pendapatan, pendidikan, pekerjaan agama, ras/kebangsaan.
  • Demografis Etnis, contoh : produsen mobil Eropa Chrysler memasarkan penjualannya kepada sebagian kaum Afro Amrik.
  • Demografis Ukuran Keluarga, contoh : produsen mobil Suzuki APV membidik mayoritas konsumen yang sudah berkeluarga.
  • Demografis Gender, contoh : produsen rokok Marlboro memposisikan seorang pria gagah dan tangguh sebagai modelnya.
  • Demografis Pendapatan, contoh : produsen telepon merek Ceria membidik sasaran masyarakat menengah ke bawah. 
Geografis : daerah, ukuran populasi, kepadatan, iklim.
Contoh : Sweater atau baju hangat penjualannya lebih besar di daerah sekitar pegunungan dibandingkan daerah perkotaan.

Behavioralis (tingkah laku) : manfaat-manfaat yang dicari, penggunaan volume, loyalitas produk.

Psikografis : gaya hidup, kepribadian.
Contoh : minuman Extra Joss mengambil segmentasi psikografis seorang laki-laki yang gagah dan kuat.

Jenis-Jenis Pasar
1. Consumer Market (Pasar Konsumen) terdiri dari orang-orang yang membeli produk dan serius untuk keperluan pribadi/keperluan keluarga.
2. Bussiness to Bussiness perusahaan yang membeli produk untuk digunakan sebagai operasional produksi mereka.
3. Institusional Market pasar terdiri dari perusahaan laba dan non laba dari variasi yang luas. contoh : RS, sekolah dan lembaga pemerintah.
4. Reseller (pengecer) faktor tengah berupa distributor atau pengecer itu sendiri yang membeli produk setengah jadi maupun jadi untuk dijual lagi dan mengambil keuntungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar